Kamis, 31 Mei 2012

IMAM HADIS DAN KITAB-KITABNYA


A.Imam Malik Ibn Anas
  Dia adalah Abu Abdullah Malik Ibn Anas Ibn Malik Ibn Abi Amir al-Asbuhi al-Madani, seorang imam dar al-hijrah.
Dilahirkan tahun sembilan puluh limah (95 H), meninggal di Madinah tahun seratus tujuh puluh sembilan (179 H), ketika berumur 84 tahun. Dia termasuk imam negara Hijaz, bahkan imam manusia dalam fikih dan hadis, Imam Syafii termasuk murudnya.
Dia mempunyai kitab al-muwatta’ , dalam menyusun kitab ini dia menghabiskan waktu selama 40 tahun. Sheikh Waliyullah Al-Dahlawi menjelaskan kedudukan kitab al-muwatta’  dan derajatnya di peringkat pertama dalam deretan kitab sahih bersama kitab sahihain sebagaimana komentarnya, kitab-kitab hadis itu terbagi menjadi tingkatan, kitab itu masuk kategri sahih dan masyhur menjadi empat tingkatan yaitu peringkat pertama terbatas pada  tiga kitab yaitu kitab al-muwatta’, sahih Bukhari dan sahih Muslim.
Imam Syafii berkata, tidak ada dibawah langit ini kitab yang lebih sahih setelah al-Qur’an dibanding kitab Malik.

B.Ahmad Ibn Hanbal
  Dia adalah Imam besar Ahmad Ibn Muhammad Ibn Hanbal Al-Syaibani, pendiri mazhab yang sangat sabar menghadapi cobaan dan pembela sunnah Nabi Saw. Dia berasal dari Marwah, ayahnya dari Sirjis, dia lahir di Bagdad pada bulan Rabi’ul Awwal Tahun 164 H, dia meninggal di Sahwah pada hari Jum’at 12 Rabi’ul Awwal tahun 241 H.
Dia mempunyai kitab musnad dia termasuk penulis sunnah yang masyhur dan menyeleksi lebih dari 700 ribu dan 1500 hadis. Kitab Musnad-nya meliputi 18 musnad. Di dalamnya ada tambahan dari anaknya Abdullah dan sedikit tambahan dari Abi Bakar al-Qati’i  perawi dari Abdullah dan meliputi hadis sahih dan da’if, dan kadang mendekati hasan dan itu lebih sedikit. Adapun hukum hadis palsu dalam kitab musnad ini adalah tambahan dari Abu Bakar al-Qati’i atau Abdullah Ibn Ahmad Ibn Hanbal.



C.Imam Bukhari
  Dia adalah Muhammad Ibn Ismail Ibn Ibrahim Ibn al-Mugirah Ibn Bazdizbah al-Ja’fi, Bukhara adalah tempat kelahirannya. Dia dilahirkan pada hari Jum’at tanggal 13 Syawwal tahun 194 H. Kemudian dia meninggal dunia tahun 256 H dan berumur 62.
Dia mempunyai kitab yang terkenal dengan sebutan sahih Bukhari, yaitu kitab yang dinilai oleh ulama’ sebagai kitab paling sahih setelah kitab al-Qur’an. Nama lengkap kitab ini adalah al-jami’ al-sahih al-musnad al-mukhtasar min hadis Rasulillah. Imam Bukhari mensyaratkan dalam kitab sahihnya sebagaimana dalam komentarnya. Saya tidak memasukkan  dalam kitabku ini kecuali yang sahih. Banyak ulama’ yang menilai keunggulan kitab Sahih Bukhari melebihi kitab sahih Muslim, karena syaratnya lebih kuat dan lebih ketat serta nilai fikihnya banyak.

D.Muslim Ibn Al-Hajjaj
  Dia adalah Abu Husain Muslim Ibn al-Hajjaj al-Qusyairi al-Naisaburi, salah satu pakar hadis yang huffaz dan ahli taqwa. Tempat kelahirannya di Naisabur pada tahun 206. Dan meninggal dunia pada tahun 260 berumur 55 tahun.
Dia mempunyai kitab sahih yang sangat terkenal yaitu Sahih Muslim yaitu kitab yang menempati derajat kemasyhuran di dunia. Dia menulis kitab sahihnya selama 15 tahun dan menghimpun hadis  sebanyak 12000 hadis yang dia pilih dari 300 ribu hadis.
Kitab al-jami’ al-sahih  karya Imam Muslim adalah hadis sahih murni yang disandarkan kepada Nabi Saw. Keistimewaan kitab ini adalah susunannya bagus dan susunan hadisnya lengkap, tanpa terputus, redaksi hadisnya baik, susunan rawi hadisnya yang berbeda-beda dalam satu tempat yang dapat memudahkan pelajar dalam mempelajari hadis.
Imam Muslim menulis kitab hadis ini mengikuti metode Imam Bukhari dalam penulisan kesahihan hadis yang hanya memuat hadis sahih. Penulisan sahih muslim berdasar atas bab ilmu.
Keistimewaan sahih Bukhari atas sahih Muslim. Ulama sepakat bahwa kitab paling sahih setelah al-Qu’ran adalah kitab sahih Bukhari dan Muslim. Umat Islam telah menerima dengan baik. Sedangkan kitab Bukhari lebih sahih daripada kitab lainnya dan lebih banyak sumber pengetahuannya.Sedangkan Imam Muslim banyak memperoleh ilmu dari Imam Bukhari dan Imam Muslim mengakui bahwa Imam Bukhari memang tiada tandingannya dalam ilmu hadis.

E.Imam Abu Dawud
  Dia adalah Sulaiman Ibn Asy’as Ibn Ishaq Ibn Basyir Ibn Syadad Ibn Amr Ibn Imran al-Azadi al-Sijistani. Lahir pada tahun 202 dan meninggal di Basrah tanggal 4 Syawwal tahun 275. Dia mempunyai kitab sunan yang sangat terkenal yaitu sunan Abi Dawud. Kitab ini memang sangat mulia, Imam Abu Dawud berkata. Saya menghimpun di dalamnya 4000 hadis dan 800 hadis yang saya jelaskan di dalamnya nilainya sahih dan yang mendekatinya.Ibn Qayyim. Kitab ini menghimpun hadis hukum dan disusun dengan baik dengan struktur yang baik pula. Kitab ini juga bersih dari rawi yang majruh dan da’if (lemah).

F.Imam Tirmizi
  Dia adalah Abu Isa Muhammad Ibn Isa Ibn Surah Ibn Musa Ibn Dhahhak al-Silmi. Dia dilahirkan pada tahun 209 H. Dia meninggal dunia di Tirmiz pada malam senin tanggal 13 bulan Rajab tahun 279.
Imam Tirmizi mempunyai kitab hadis yang mengantarkan dirinya sebagai imam ahli hadis. Kitab itu merupakan kitab yang paling agung dan besar, dia memberi nama, Jami’ al-Tirmizi  dan Sunan al-Tirmizi. Imam Hakim Abu Abdullah al-Khatib al-Bagdadi menyebutnya  al-jami’ al-sahih Li al-Tirmizi atau sahih al-Tirmizi. Imam Tirmizi sendiri memberi sifat kitabnya dengan sebutan sahih.
Imam Majd Ibn al-Asir berkata. Ini adalah kitabnya yang terbaik dan banyak manfaatnya, susunannya baik, tidak banyak mengulang, tidak banyak menyebut mazhab dan menjelaskan nilai hadisnya, yaitu sahih, hasan dan garib.

G.Imam Nasa’i
  Dia adalah Abu Abdurrahman, Ahmad Ibn Syu’aib Ibn Ali Ibn Bahr Ibn Sinan al-Nasa’i. Dia dilahirkan pada tahun 225 dan meninggal di Makkah tahun 303 dan dimakamkan di Makkah.
Dia mempunyai kitab sunan  yang sangat terkenal dengan nama sunan al-Nasa’i. Kitab sunan ini disusun berdasarkan Bab fikih sebagaimana kitab sunan lainnya.
Imam Nasa’i sangat hati-hati dalam menyusun kitab  sunan sugrah-nya ini. Dari sini kemudian ada komentar ulama. Bahwasanya derajat sunan sugrah menempati posisi setelah kitab dua sahih (Bukhari Muslim), karena kitab ini lebih sedikit nilai hadis da’ifnya setelah kedua kitab tersebut. Dalam sunan Nasa’i sugrah terdapat nilai hadis sahih, hasan, dan da’if, tetapi da’ifnya sedikit.


H.Imam Ibn Majah
Dia adalah Imam ahli hadis Abu Abdullah Muhammad Ibn Yazid Ibn Majah al-Rib’i al-Quzwaini. Dinisbatkan ke daerah Quzwain, karena tempat kelahirannya dan pertumbuhannya.
Dia mempunyai kitab sunan  di dalamnya terdapat nilai hadis sahih, hasan dan da’if. Sebagian ulama’ berkata tentang status hadis-hadis yang dia riwayatkan sendiri termasuk bagian kitab sahih enam adalah pendapat yang kontroversial.
Mereka termasuk penulis hadis yang dibukukan dalam ilmu hadis. Kitab-kitab ini adalah  al-muwatta’, Musnad Ahmad. Sedangkan kitab enam itu adalah, sahih Bukhari, sahih Muslim, sunan Abi Dawud, sunan Tirmizi, sunan Nasa’i dan sunan Ibn Majah.
Dalam istilah ahli hadis kitab hadis tersebut dinamakan kutub sittah. Kami mihon kepada Allah semoga  kitab ini bermanfaat dan menjadikan amal yang ihklas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

bgl

BUKU TAMU

burung