Jumat, 13 April 2012

MENGAPA ALLAH HARUS KITA PERTUHANKAN? makalah tauhid


BAB I
PEMBUKAAN



Assalamu’alaikum Wr.Wb.
            Sebagai orang yang percaya pada agama, tentu kita harus mempunyai pendirian dan pedoman atas pilihan kita sebagai umat Islam. Agar kita tidak ragu dan berfikir secara negatif pada agama, maka penulis bermaksud ingin sedikit membagi informasi tentang hal itu yang semoga bermanfaat luas bagi agama dan diri kita masing-masing.
            Tiga pertanyaan pokok yang sering membuat kita menjadi ragu sebagai umat yang beragama adalah sebagai berikut:
1. Mengapa Allah harus kita perTuhankan?
2. Mengapa Islam harus kita akui kebenarannya?
3. Mengapa Nabi Muhammad SAW harus kita percayai kerasulannya?

            Itulah tadi rumusan masalah yang akan kita bahas dalam kesempatan ini, semoga penjelasan yang akan kami sampaikan nantinya akan membawa perubahan untuk agama Islam dan diri kita secara pribadi. Dan pada akhirnya semoga Allah SWT meridhoi niat baik dari penulis. Amin ya rabbal Alamiin……..
           

BAB II
PEMBAHASAN


1. MENGAPA ALLAH HARUS KITA PERTUHANKAN?
Konsep yang paling asas ialah percaya bahwa tuhan itu satu (Tauhid). Konsep keesaan Allah ini adalah mutlak, dan tidak relatif kepada apa apa jua yang wujud di dunia ini. Dalam Surah Al-Ikhlas Allah berfirman:

وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ o لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ o اللَّهُ الصَّمَدُ o قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
Surah Al-Ikhlas, Ayat 1-4
"Katalah (wahai Muhammad) bahwa Allah itu tunggal. Allah tempat meminta. Dia tidak beranak dan tidak juga Dia diperanakkan. Dan tiada yang serupa denganNya, Dialah Tuhan yang Esa."



Dalam Bahasa Melayu, perkataan Allah memang dikhususkan untuk merujuk Tuhan dalam Islam. Walau bagaimanapun, perkataan Arab Allah boleh diterjemahkan juga kepada perkataan Tuhan kerana Allah bukanlah nama khas untukNya. Ini berbeda dengan Yahudi, kerana nama Yahweh adalah nama khas tuhan mereka. Walaupun tiada imej visual Tuhan atau gambaran mengenaiNya (disebabkan larangan dalam memuja sesuatu), Muslim mendefinisi Tuhan melalui sifat-sifatNya, yang dikenali sebagai 99 nama Allah.
Allah ialah Tuhan yang yang benar, karena Allah yang mencipta seluruh alam dan isinya. Allah yang mengatur dan menjaganya. Allah tidak bisa dilihat, tetapi bukti-bukti sangat banyak untuk menunjukkan pada akal yang waras dan adil bahwa Allah itu wajib ada. Bukan sekadar kita wajib mempercayai bahawa Allah itu ada, bahkan wajib pula kita menyembah NYA.
Untuk hendak mempercayai Allah dan menyembah NYA, manusia wajib mengenal Allah dengan betul, manusia mestilah mencari dan mengkaji dalil-dalil dari Al Quran, Hadis dan Akal. Jika kita tidak mengenal Allah dengan betul, niscaya akan sesat dan kafirlah kita.

2. MENGAPA ISLAM HARUS KITA AKUI KEBENARANNYA?

Islam adalah ajaran yang lengkap dan sempurna. Segala permasalahan demi kemaslahatan manusia untuk kehidupan mereka di dunia dan akhirat telah diuraikan secara utuh dan sempurna. Berikut ini dipaparkan sebagian dalil dari Al Quran dan As Sunnah yang menunjukkan kesempurnaan dan kebenaran tersebut.

Allah Ta’ala berfirman dalam Kitab-Nya yang mulia:

“Pada hari ini, Aku sempurnakan bagi kamu agama kamu, dan Aku cukupkan ni’mat-Ku kepadamu, dan Aku ridla Islam jadi agamamu..” (QS,  Al Maidah 3.)

Ibnu Katsir rahimahullahu Ta’ala mengatakan: ”Ini adalah ni’mat Allah Ta’ala paling besar terhadap ummat ini, di mana Allah Ta’ala telah menyempurnakan agama mereka, sehingga tidak lagi membutuhkan agama yang lain, dan tidak pula memerlukan Nabi selain Nabi mereka Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam. Karena itulah Allah Ta’ala mengutus beliau sebagai penutup para Nabi dan mengutusnya kepada seluruh manusia dan jin. Tidak ada sesuatu yang halal kecuali apa yang dihalalkannya. Tidak ada perkara yang haram melainkan apa yang diharamkannya. Dan tidak ada agama (yang benar) kecuali apa yang disyari’atkannya. 

 








3. MENGAPA NABI MUHAMMAD HARUS KITA PERCAYAI KERASULANNYA ?

Beriman kepada nabi dan rasul ialah meyakini bahwa nabi dan rasul itu benar-benar diangkat oleh Allah SWT untuk membimbing manusia ke arah jalan hidup yang baik yang diridlai Allah. Islam mengajar umatnya bahawa Allah menyampaikan wahyuNya melalui malaikat kepada nabi dan rasul. Nabi ialah seorang lelaki yang dipilih Allah untuk menerima wahyu untuk kegunaan dirinya dan umatnya sahaja.
Muhammad merupakan nabi dan rasul yang terakhir. Ini bermakna tiada nabi dan rasul akan dilantik selepas kewafatan baginda. Baginda telah menyampaikan peringatan terakhir (yaitu Al Quran dan As Sunnah) kepada manusia sebelum berlakunya hari kiamat. Lalu timbullah pertanyaan dibenak kita kenapa kita harus percaya kepada nabi terakhir yaitu nabi Muhammd?
    
1.    Karena Apa yang disabdakan oleh Rasul/Nabi adalah benar dan dibenarkan kata-katanya. Siddiq dan sadiqul masduq. Rasul/Nabi tidak berkata-kata melainkan apa yang telah diwahyukan oleh Allah SWT. Mustahil Rasul/Nabi bersifat dengan sifat KIZZIB (Dusta ). Mustahil Rasul/Nabi mengatakan sesuatu yang tidak dia ketahui dan tidak diwahyukan Allah kepadanya. Firman Allah bermaksud:
“Tidaklah dia (Rasulullah SAW) mengucapkan mengikut kemahuan hawa nafsunya. Apa                      yang diucapkan tidak lain melainkan wahyu yang diwahyukan. (An-Najm: 3-4)”.
2. Karena Nabi Muhammad merupakan manusia yang Amanah dia akan melakukan sesuatu serta melaksanakan hukum-hukum Allah dengan benar dan tepat sebagaimana yang diwahyukan Allah SWT.
3. Karena nabi menyampaikan kepada umatnya apa yang Allah wahyukan kepadanya. Mustahil Nabi Muhammad bersifat dengan sifat KITMAN yaitu menyembunyikan.



PENUTUP
Dari penjelasan diatas penulis bisa menyimpulkan bahwa Allah wajib disembah dan diimani karena hanya ialah yang telah menciptakan dan mengatur seluruh roda kehidupan didunia dan alam semesta ini, terbukti dengan firman Allah sendiri dalam surat Al-Ikhlas 1-4 yang menunjukkan bahwa Dia adalah pencipta yang tidak diperanakkan, pemberi rezeki dan pengatur seluruh alam semesta, dialah yang menunjukkan agama yang benar bagi hambanya yaitu Islam Al-Huda. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 3 yang menjabarkan tentang keutamaan agama Islam yang telah disempurnakan dan telah menjadi agama pelengkap agama-agama yang dibawa nabi dan rasul sebelum-sebelumnya. Di bawa oleh Nabi Muhammad SAW yang mana dia merupakan nabi yang amanah dan mustahil ia berdusta pada ayat-ayat Allah.
            Sebagai penutup penulis mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penjelasan dan dalam penulisan teks yang kurang jelas. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan khususnya pada diri saya sendiri.
            Haadzaaminnii……..
            Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
                                                                                                     Selasa, 18 Oktober 2011
                                                                                                                     Ttd,


                                                                                                              Faisal Effendi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

bgl

BUKU TAMU

burung